iseng - iseng saya berkunjung ke situsnya CIA dan mencari tahu tentang indonesia, dan inilah hasilnya yang saya translasikan sendiri. tidak semua sayatampilkan disini, hanya yang menurut saya penting saja
The CIA World Fact Book

Mengenal Indonesia

latar belakang : Belanda mulai menjajah Indonesia pada awal abad ke-17; Jepang menduduki kepulauan tersebut dari 1942 sampai 1945. Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya setelah Jepang menyerah, tapi diperlukan empat tahun berselang negosiasi, berulang permusuhan, dan mediasi PBB sebelum Belanda setuju untuk menngakui kedaulatan pada tahun 1949. pemilihan parlementer pertama Indonesia secara bebas setelah puluhan tahun berada dalam pemerintahan represif terjadi pada tahun 1999. Indonesia kini adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, negara kepulauan terbesar di dunia , dan rumah bagi dunia penduduk Muslim terbesar. Isu-isu saat ini meliputi: pengentasan kemiskinan, peningkatan pendidikan, mencegah terorisme, konsolidasi demokrasi setelah empat dekade otoritarianisme, melaksanakan reformasi ekonomi dan keuangan, yang bersumber korupsi, memegang militer dan polisi bertanggung jawab atas pelanggaran HAM masa lalu, perubahan iklim, dan pengendalian flu burung . Pada tahun 2005, Indonesia mencapai perjanjian perdamaian bersejarah dengan separatis bersenjata di Aceh, yang menyebabkan pemilu demokratis di Aceh pada bulan Desember 2006. Indonesia terus menghadapi intensitas rendah gerakan separatis di Papua.

Ekonomi


Indonesia, bangsa poliglot yang luas, telah dimakan cuaca krisis keuangan global relatif lancar karena ketergantungan terhadap konsumsi domestik sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi. Meskipun perekonomian melambat secara signifikan dari plus 6% tingkat pertumbuhan yang tercatat di tahun 2007 dan 2008, berkembang pada 4% pada semester pertama tahun 2009, Indonesia mengungguli tetangga regional dan bergabung dengan Cina dan India sebagai satu-satunya anggota G20 posting pertumbuhan selama krisis . Pemerintah menggunakan langkah-langkah stimulus fiskal dan kebijakan moneter untuk melawan dampak krisis dan menawarkan transfer tunai kepada keluarga miskin, di samping itu, pengeluaran kampanye sebelum pemilu legislatif dan presiden pada bulan April dan Juli membantu pelampung konsumsi. Pemerintah membuat kemajuan ekonomi di bawah pemerintahan pertama Presiden SBY, memperkenalkan reformasi yang signifikan di sektor keuangan, termasuk reformasi pajak dan bea cukai, penggunaan Treasury bills, dan pengembangan pasar modal dan pengawasan. Indonesia's utang-to-GDP ratio dalam beberapa tahun terakhir telah terus menurun karena pertumbuhan PDB yang semakin kuat dan suara pelayanan fiskal. Indonesia masih berjuang dengan kemiskinan dan pengangguran, infrastruktur yang tidak memadai, korupsi, lingkungan peraturan yang rumit, dan distribusi sumber daya tidak merata antar daerah. YUDHOYONO's dipilih kembali, dengan ekonom dihormati BOEDIONO sebagai Vice President, menunjukkan luas kontinuitas kebijakan ekonomi, meskipun awal istilah mereka telah dirusak oleh skandal korupsi. Pemerintah pada tahun 2010 menghadapi tantangan yang sedang berlangsung di Indonesia cukup meningkatkan infrastruktur untuk menghilangkan hambatan terhadap pertumbuhan ekonomi, sementara mitigasi perubahan iklim dan adaptasi terhadap kebutuhan, khususnya yang berkaitan dengan pelestarian hutan Indonesia dan lahan gambut.

Isu International


Sengketa - internasional:

Indonesia memiliki kebijakan luar negeri menyatakan tujuan pendirian tetap stabil tanah dan batas-batas maritim dengan negara tetangga; beberapa bagian di sepanjang perbatasan Timor-Leste s eksklave Oecussi dan batas-batas maritim dengan Timor-Leste tetap belum diselesaikan; banyak pengungsi dari Timor-Leste yang meninggalkan pada tahun 2003 masih berada di Indonesia dan menolak repatriasi; perjanjian tahun 1997 antara Indonesia dan Australia menetap beberapa bagian batas maritim mereka tetapi isu-isu yang menonjol tetap; ICJ's penghargaan dari pulau-pulau Sipadan dan Ligitan ke Malaysia pada tahun 2002 meninggalkan kedaulatan Unarang batu dan batas maritim di blok minyak Ambalat di Laut Sulawesi dalam sengketa; dalam keputusan ICJ telah mendorong Indonesia untuk menegaskan klaim kepada dan untuk membangun kehadiran di luar pulau-pulau yang lebih kecil; Indonesia dan Singapura terus berupaya penyelesaian batas maritim 1973 mereka perjanjian dengan menentukan terselesaikan daerah utara Indonesia's Batam Island; secessionists Bahasa Indonesia, penghuni liar, dan pemulangan migran ilegal, membuat masalah bagi Papua New Guinea, tetap menjadi masalah pembajakan di Selat Malaka; melanjutkan perundingan batas maritim dengan Palau; kelompok Bahasa Indonesia tantangan klaim Australia Ashmore Reef; Australia telah menutup bagian Ashmore and Cartier Reserve untuk nelayan tradisional Indonesia dan ditempatkan pembatasan tangkapan tertentu 

Pengungsi dan orang terlantar:
Pengungsi: 200,000-350,000 (serangan pemerintah terhadap pemberontak di Aceh; paling pengungsi di Aceh, Kalimantan Tengah, Provinsi Sulawesi Tengah, dan Maluku) (2007) 

Obat-obatan terlarang:
produsen ganja ilegal sebagian besar untuk penggunaan domestik; produsen metamfetamin dan ekstasi


  

Diposting oleh surya nugraha Senin, 29 Maret 2010

Subscribe here