Bagi anda yang sudah lama berkecimpung di dunia Desain Grafis, Animasi, Periklanan, dll. Pasti sudah tak asing lagi dengan aplikakasi seperti Adobe Photoshop, GIMP, atau yang lainnya. Tapi tahukah anda bahwa anda bisa menemui aplikasi semacam photoshop hanya dengan memakai web browser? Ya! tak perlu lagi pusing saat anda harus mengedit gambar tapi komputer yang anda gunakan tidak menyediakan aplikasinya. Selamat tinggal Paint bucket. Selamat datang di era "Komputasi awan" atau "Cloud computing".

Browser based image editor atau bisa disebut Online image editor bila saya deskripsikan adalah aplikasi image editor yang tersedia secara online dan dijalankan lewat web browser. Deskripsi tersebut saya buat sendiri karena saya tidak menemukan artikel tentang hal tersebut di wikipedia. Pada kesempatan ini saya hanya membahas 2 aplikasi online image editor yaitu pixlr dan sumopaint. (dugaan saya) keduanya berbasis flash dan javascript, jadi pastikan komputer anda sudah terinstall flash dan java (untuk berjaga - jaga)

dua aplikasi tersebut mempunyai tampilan (yang saya bilang) agak mirip dengan Photoshop, bahkan fitur - fitur dasar photoshop pun tersedia. cuma ada 2 cacat besar pada keduanya yang saya catat disini. 1 keduanya tidak menyediakan fungsi PEN atau pen Tool, sumopaint menyediakan fungsi curves sebagai alternatifnya, tapi saya rasakan ini tak begitu berguna. 2.minimnya manipulasi layer, keduanya memang menyediakan fungsi untuk manambahkan style dan effect pada layer, tapi kita tak bisa menggabungkan (baik merge ataupun flatten) beberapa layer

Dari segi resources, pixlr lebih unggul ketimbang sumopaint, sumopaint memerlukan loading yang lumayan lama untuk startup, selain itu dia juga membuka window baru (tempat sumopaint startup). Untuk pilihan save dan open keduanya menawarkan hal hampir mirip, perbedaanya hanyalah sumopaint menyediakan fasilitas "open/save sumo account" (belum saya coba). Fitur - fitur lainnya juga tak jauh berbeda 9kalau tak mau dibilang sama), sumopaint mempunyai keunggulan dalam menyediakan fitur 3D, sementara pixlr hanya menyediakan fitur bevel dan emboss. Ada 1 hal yang membuat sumopaint unggul dari pxlr, yaitu fitur shape. Sumopaint sudah menyediakan beberapa fitur shape yang tersedia lewat tool pannya, selain itu sumopaint juga menyediakan ink untuk membuat shape secara instan walaupun agak susah menggunakannya...

dari beberapa hal di atas, saya menyimpulkan bahwa sumopaint unggul dalam hal fitur 2 fitur yang lebih kaya, sementara pixlr unggul dalam hal resources dan kecepatan. Jadi, mana yang anda pilih???

link
pixlr
sumopaint

Diposting oleh surya nugraha Sabtu, 27 Februari 2010 0 komentar

Subscribe here