Registry adalah database yang digunakan untuk menyimpan pengaturan dan pilihan untuk versi 32 bit Microsoft Windows termasuk Windows 95, 98, ME dan NT/2000. Ini berisi informasi dan setting untuk semua hardware, software, pengguna, dan preferensi dari PC. Setiap kali pengguna melakukan perubahan ke pengaturan Panel Kontrol, atau File Associations, Kebijakan Sistem, atau perangkat lunak yang diinstal, perubahan tercermin dan disimpan dalam Registry.
File fisik yang membentuk registry disimpan berbeda tergantung pada versi Windows; di bawah Windows 95 & 98 yang termuat dalam dua file yang tersembunyi di dalam direktori Windows Anda, yang disebut USER.DAT dan SYSTEM.DAT, untuk Windows Me ada CLASSES.DAT tambahan file, sedangkan pada Windows NT/2000 file tersebut terkandung secara terpisah di% SystemRoot% \ System32 \ Config direktori. Anda tidak dapat mengedit file-file ini secara langsung, Anda harus menggunakan tool yang umumnya dikenal sebagai "Registry Editor" untuk melakukan perubahan apapun (menggunakan editor registri akan dibahas kemudian dalam artikel).
Struktur Registry Registry mempunyai struktur hierarchal, walaupun terlihat rumit struktur mirip dengan struktur direktori pada hard disk, dengan Regedit yang mirip dengan Windows Explorer.
Setiap cabang utama (dilambangkan dengan icon folder dalam Registry Editor, lihat kiri) disebut Hive, dan Hives berisi Keys. Setiap tombol dapat berisi keys lain (kadang-kadang disebut sebagai sub-keys), serta Nilai. Nilai-nilai yang sebenarnya berisi informasi yang disimpan dalam Registry. Ada tiga jenis nilai; String, Binary dan DWORD - penggunaan ini tergantung pada konteks.
Ada enam cabang utama, masing-masing berisi bagian spesifik dari informasi yang disimpan dalam Registry. Mereka adalah sebagai berikut:

* HKEY_CLASSES_ROOT - cabang ini berisi semua file Anda asosiasi pemetaan untuk mendukung drag-and-drop fitur, informasi OLE, Windows pintas, dan aspek-aspek inti dari antarmuka pengguna Windows. * HKEY_CURRENT_USER - cabang ini link ke bagian HKEY_USERS yang sesuai bagi pengguna saat ini login ke PC dan berisi informasi seperti nama logon, pengaturan desktop, dan pengaturan menu Start. * HKEY_LOCAL_MACHINE - cabang ini komputer berisi informasi spesifik tentang jenis perangkat keras, perangkat lunak, dan preferensi lain pada PC tertentu, informasi ini digunakan untuk semua pengguna yang masuk ke komputer ini. * HKEY_USERS - cabang ini berisi preferences individu untuk setiap user komputer, setiap user diwakili dengan sub-key SID yang terletak di bawah cabang utama. * HKEY_CURRENT_CONFIG - cabang ini link ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE yang sesuai untuk konfigurasi perangkat keras saat ini. * HKEY_DYN_DATA - cabang ini menunjuk ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE, untuk digunakan dengan Plug-&-Play fitur dari Windows, bagian ini dymanic dan akan berubah sebagai perangkat yang ditambahkan dan dihapus dari sistem.


Setiap nilai registri disimpan sebagai salah satu dari lima tipe data utama:

* REG_BINARY - jenis ini menyimpan nilai data biner mentah. Kebanyakan informasi komponen perangkat keras disimpan sebagai data biner, dan dapat ditampilkan dalam sebuah editor dalam format heksadesimal. * REG_DWORD - Tipe ini merepresentasikan data dengan empat byte nomor dan biasanya digunakan untuk nilai boolean, seperti "0" dinonaktifkan dan "1" diaktifkan. Selain itu banyak parameter untuk device driver dan layanan jenis ini, dan dapat ditampilkan dalam REGEDT32 dalam biner, heksadesimal dan format desimal, atau heksadesimal dan REGEDIT dalam format desimal. * REG_EXPAND_SZ - tipe data adalah string yang diperluas adalah string yang berisi variabel yang akan digantikan ketika dipanggil oleh aplikasi. Sebagai contoh, untuk nilai berikut, string "% SystemRoot%" akan digantikan oleh lokasi sebenarnya direktori yang berisi file-file sistem Windows NT. (Tipe ini hanya tersedia dengan menggunakan advance registry editor seperti REGEDT32) * REG_MULTI_SZ - Tipe ini merupakan kelipatan string yang digunakan untuk mewakili nilai-nilai yang berisi daftar atau banyak nilai-nilai, setiap entri dipisahkan oleh karakter NULL. (Tipe ini hanya tersedia dengan menggunakan advance registry editor seperti REGEDT32) * REG_SZ - Tipe ini adalah string standar, yang digunakan untuk mewakili nilai-nilai teks yang dapat dibaca manusia.


Tipe data lain yang tidak tersedia melalui registry editor standar termasuk:

* REG_DWORD_LITTLE_ENDIAN - A 32-bit little-endian dalam format. * REG_DWORD_BIG_ENDIAN - A 32-bit dalam format big-endian. * REG_LINK - Sebuah Unicode symlink. Digunakan secara internal; aplikasi sebaiknya tidak menggunakan jenis ini. * REG_NONE - Tidak ditetapkan jenis nilai. * REG_QWORD - A 64-bit. * REG_QWORD_LITTLE_ENDIAN - A 64-bit little-endian dalam format. * REG_RESOURCE_LIST - Perangkat-driver daftar sumber daya.


Mengedit Registry
Registry Editor (Regedit.exe) disertakan dengan sebagian besar versi Windows (walaupun Anda tidak akan menemukan di Start Menu) memungkinkan Anda untuk melihat, mencari dan mengedit data di dalam Registry. Ada beberapa metode untuk memulai Registry Editor, yang paling sederhana adalah dengan mengklik tombol Start, kemudian pilih Run, dan pada kotak Open ketik "regedit", dan jika Registry Editor diinstal hal ini seharusnya sudah terbuka dan terlihat seperti gambar di bawah.
Alternatif Registry Editor (REGEDT32.EXE) tersedia untuk digunakan dengan Windows NT/2000, itu berisi beberapa fitur tambahan yang tidak ditemukan dalam versi standar, termasuk; kemampuan untuk melihat dan mengubah hak akses keamanan, dan mampu membuat dan memodifikasi nilai string diperpanjang REG_EXPAND_SZ & REG_MULTI_SZ.
Membuat Shortcut untuk Regedit Ini dapat dilakukan dengan hanya mengklik kanan area kosong pada desktop Anda, memilih New, kemudian Shortcut, lalu pada kotak Command line masukkan "regedit.exe" dan klik Next, masukkan nama yang bersahabat (misalnya 'Registry Editor') kemudian klik Selesai dan sekarang Anda dapat klik dua kali pada ikon baru untuk memulai Registry Editor.
Menggunakan Regedit untuk mengubah Registry Sekali anda telah memulai Regedit Anda akan melihat bahwa di sisi kiri terdapat pohon dengan folder, dan di sebelah kanan isi (nilai) dari folder yang sedang dipilih.
Seperti Windows explorer, untuk memperluas cabang tertentu (lihat struktur bagian registri), klik tanda plus [+] ke kiri dari setiap folder, atau cukup klik ganda pada folder. Untuk menampilkan isi dari suatu key (folder), klik saja tombol yang dikehendaki, dan melihat nilai-nilai yang tercantum di sisi kanan. Anda dapat menambahkan kunci atau nilai baru dengan memilih New dari menu Edit, atau dengan mengklik kanan mouse anda. Dan Anda dapat merubah nama nilai dan hampir semua kunci dengan metode yang sama digunakan untuk mengubah nama file, klik kanan pada objek dan klik mengganti nama, atau klik dua kali (perlahan-lahan), atau hanya tekan F2 pada keyboard. Terakhir, Anda dapat menghapus kunci atau nilai dengan mengklik di atasnya, dan menekan Delete pada keyboard, atau dengan mengklik kanan di atasnya, dan memilih Hapus.
Catatan: ini adalah ide yang baik untuk membuat cadangan registri sebelum Anda membuat perubahan apapun untuk itu. Ini bisa jadi menakutkan bagi para pengguna baru, dan selalu ada kemungkinan untuk mengubah atau menghapus pengaturan yang kritis menyebabkan Anda harus menginstal ulang seluruh sistem operasi. Ini jauh lebih baik aman daripada menyesal!
Mengimpor dan Mengekspor Pengaturan Registry
Keunikan lain Registry Editor kemampuan itu untuk mengimpor dan mengekspor setting registry ke file teks, file teks ini, diidentifikasi oleh. REG ekstensi, kemudian dapat di simpan atau berbagi dengan orang lain dengan mudah mengubah pengaturan registri lokal. Anda dapat melihat tata letak file teks ini dengan hanya mengekspor kunci untuk sebuah file dan membukanya di Notepad, untuk melakukan ini dengan menggunakan Registry Editor pilih kunci, kemudian dari "Registry" menu pilih "Export Registry File ..." , pilih nama file dan simpan. Jika Anda membuka file ini di notepad anda akan melihat file yang mirip dengan contoh di bawah ini:
Quote:
REGEDIT4
[HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ Setup] "SetupType" = dword: 00000000 "CmdLine" = "setup-newsetup" "SystemPrefix" = hex: d5, 0b, 00,00,00,40,36,02

Layout cukup sederhana, REGEDIT4 menunjukkan jenis file dan versi, [HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ Setup] menunjukkan nilai-nilai kunci adalah dari, "SetupType" = dword: 00000000 adalah nilai-nilai sendiri bagian setelah "=" akan bervariasi, tergantung pada jenis nilai mereka; DWORD, String atau Binary.
Jadi hanya dengan mengedit file ini untuk membuat perubahan yang Anda inginkan, kemudian dapat dengan mudah didistribusikan dan semua yang perlu dilakukan adalah klik dua kali, atau pilih "Import" dari menu Registry, untuk pengaturan yang akan ditambahkan ke dalam sistem Registry.
Menghapus kunci atau nilai-nilai menggunakan file REG Hal ini juga memungkinkan untuk menghapus kunci dan nilai-nilai menggunakan file REG. Untuk menghapus kunci mulai dengan menggunakan format yang sama seperti yang REG file di atas, tetapi tempat yang "-" simbol di depan nama kunci yang ingin Anda hapus. Sebagai contoh untuk menghapus [HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ Setup] tombol file reg akan terlihat seperti ini:
Quote:
REGEDIT4
[-HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ Setup]

Format yang digunakan untuk menghapus nilai-nilai individu adalah serupa, tetapi bukan tanda minus di depan seluruh kunci, tempat itu setelah tanda sama dengan nilai. Sebagai contoh, untuk menghapus nilai "SetupType" file akan terlihat seperti:
Quote:
REGEDIT4
[HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ Setup] "SetupType" =-

Gunakan fitur ini dengan hati-hati, seperti menghapus kunci yang salah atau nilai dapat menyebabkan masalah utama dalam registri, jadi ingatlah untuk selalu membuat cadangan dulu.
Regedit Command Line Pilihan Regedit memiliki sejumlah opsi baris perintah untuk membantu mengotomatisasi itu digunakan dalam salah satu file batch atau dari command prompt. Di bawah ini tercantum beberapa opsi, harap perhatikan beberapa fungsi sistem operasi spesifik.

* Regedit.exe [options] [filename] [regpath] * [Filename] Impor. Reg file ke dalam registri * / S [filename] Diam impor, yaitu menyembunyikan kotak konfirmasi ketika mengimpor file * / E [filename] [regpath] Ekspor registri untuk [filename] mulai [regpath] e.g. regedit / e file.reg HKEY_USERS \. DEFAULT * / L: system Menentukan lokasi system.dat untuk menggunakan * / R: user Menentukan lokasi user.dat untuk menggunakan * / C [filename] Compress (Windows 98) * / D [regpath] Hapus kunci tertentu (Windows 98)
Mempertahankan Registry
Bagaimana Anda dapat membuat cadangan dan memulihkan Registry?
Windows 95 Microsoft termasuk sebuah utilitas pada Windows 95 CD-ROM yang memungkinkan Anda membuat backup Registry pada komputer Anda. Backup Konfigurasi Microsoft program, CFGBACK.EXE, dapat ditemukan dalam \ Other \ Misc \ Cfgback direktori pada Windows 95 CD-ROM. Utilitas ini memungkinkan Anda membuat hingga sembilan berbeda salinan cadangan dari Registry, yang toko-toko, dengan ekstensi RBK, di \ Windows direktori. Jika sistem anda sudah diatur untuk beberapa pengguna, tidak akan CFGBACK.EXE kembali ke file USER.DAT.
Setelah Anda telah membuat salinan cadangan Registry Anda, Anda dapat menyalin file RBK ke floppy disk untuk disimpan. Namun, untuk memulihkan dari cadangan, maka file RBK harus berada di \ Windows direktori. Windows 95 menyimpan backup dalam bentuk terkompresi, yang kemudian dapat mengembalikan hanya dengan menggunakan utilitas CFGBACK.EXE.
Windows 98 Microsoft Windows 98 secara otomatis membuat salinan cadangan registri setiap kali Windows dijalankan, di samping ini, Anda dapat secara manual membuat cadangan menggunakan Registry Checker utilitas dengan menjalankan SCANREGW.EXE dari Start | Run menu.
Apa yang harus dilakukan jika Anda mendapatkan Corrupted Registry Windows 95, 98 dan NT semua memiliki cadangan registri sederhana mekanisme yang cukup handal, meskipun Anda tidak boleh hanya mengandalkan itu, ingat untuk selalu membuat backup terlebih dahulu!
Windows 95 Dalam direktori Windows ada beberapa file yang tersembunyi, empat ini akan SYSTEM.DAT & USER.DAT, registri Anda saat ini, dan SYSTEM.DA0 & USER.DA0, cadangan registri Anda. Windows 9x memiliki reature bagus dalam setiap kali itu tampaknya mulai berhasil itu akan menyalin registry dari file cadangan tersebut, jadi kalau-kalau ada yang tidak beres bisa dapat mengembalikannya ke negara yang dikenal baik. Untuk mengembalikan registri ikuti instruksi: [list = 1] * Klik tombol Start, dan kemudian klik Shut Down.
* Klik Restart The Computer Pada MS-DOS Mode, kemudian klik Ya.
* Ganti ke direktori Windows Anda. Sebagai contoh, jika direktori Windows Anda adalah c: \ windows, anda akan mengetikan berikut:
cd c: \ windows
* Ketik perintah berikut, dengan menekan ENTER setelah masing-masing. (Perhatikan bahwa SYSTEM.DA0 dan USER.DA0 mengandung angka nol.)
attrib-h-r-s system.dat attrib-h-r-s system.da0 system.da0 copy system.dat attrib-h-r-s user.dat attrib-h-r-s user.da0 user.da0 copy user.dat
* Restart komputer Anda.


Mengikuti prosedur ini akan memulihkan registri ke keadaan saat terakhir berhasil memulai komputer Anda.
Jika semua cara gagal, ada file pada hard disk bernama SYSTEM.1ST yang diciptakan ketika pertama kali Windows 95 berhasil diinstal. Jika perlu Anda juga bisa mengubah atribut file file ini dari read-only dan tersembunyi untuk mengarsipkan untuk menyalin file ke C: \ WINDOWS \ SYSTEM.DAT.
Windows NT Pada Windows NT Anda dapat menggunakan salah yang "Last Known Good" pilihan atau rdisk mengembalikan registri untuk sebuah konfigurasi bekerja stabil.
Bagaimana saya bisa membersihkan data lama dari Registry? Meskipun mungkin untuk secara manual melalui Registry dan menghapus entri yang tidak diinginkan, Microsoft menyediakan sebuah tool untuk mengotomatisasi proses, program ini disebut RegClean. Menganalisa RegClean tombol Windows Registry disimpan di lokasi yang sama dalam Windows Registry. Ia menemukan kunci yang mengandung nilai-nilai yang salah, ia bisa menghilangkan mereka dari Registry Windows setelah perekaman yang Undo.Reg entri di file. 


   

Diposting oleh surya nugraha Selasa, 30 Maret 2010

Subscribe here