Penjelasan tentang BandWidth

Sebagian besar perusahaan hosting menawarkan berbagai macam pilihan bandwidth dalam rencana mereka. Jadi apa yang bandwidth yang berhubungan dengan web hosting? Secara sederhana, bandwidth adalah jumlah lalu lintas yang diizinkan terjadi antara situs web Anda dan seluruh internet. Jumlah bandwidth sebuah perusahaan hosting dapat menyediakan ditentukan oleh koneksi jaringan mereka, baik internal pusat data mereka dan eksternal ke internet publik.

Konektivitas jaringan
Internet, dalam istilah yang paling sederhana, adalah sekelompok jutaan komputer yang terhubung dengan jaringan. Koneksi dalam internet bisa besar atau kecil tergantung pada pengkabelan dan peralatan yang digunakan pada lokasi internet tertentu. Ini adalah ukuran setiap koneksi jaringan yang menentukan seberapa banyak bandwidth tersedia. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan koneksi DSL untuk terhubung ke internet, Anda memiliki 1,54 Mega bits (Mb) bandwidth. Oleh karena itu bandwidth diukur dalam bit (satu 0 atau 1). Bits dikelompokkan dalam bytes yang membentuk kata, teks, dan informasi lainnya yang ditransfer antara komputer Anda dan internet.
Jika Anda memiliki koneksi DSL ke internet, Anda telah mendedikasikan bandwidth antara komputer Anda dan penyedia internet Anda. Tapi internet selular Anda mungkin memiliki ribuan koneksi DSL ke lokasi mereka. Semua koneksi internet Anda agregat selular yang kemudian telah mereka sendiri koneksi ke internet (atau beberapa sambungan) yang jauh lebih besar daripada koneksi tunggal Anda. Mereka harus memiliki cukup bandwidth untuk melayani kebutuhan komputasi Anda serta mereka semua pelanggan lain. Jadi, sementara Anda memiliki koneksi ke 1.54Mb penyedia internet, penyedia internet Anda mungkin memiliki sambungan ke 255Mb internet sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan Anda dan hingga 166 pengguna lain (255/1.54).

Lalu Lintas Jaringan
Analogi yang sangat sederhana untuk digunakan untuk memahami bandwidth dan lalu lintas adalah untuk memikirkan jalan raya dan mobil. Bandwidth adalah jumlah lajur di jalan raya dan lalu lintas adalah jumlah kendaraan bermotor di jalan raya. Jika Anda adalah satu-satunya mobil di jalan raya, Anda dapat melakukan perjalanan dengan sangat cepat. Jika Anda terjebak di tengah-tengah jam sibuk, Anda mungkin perjalanan sangat lambat karena semua jalur sedang digunakan.
Lalu lintas hanyalah jumlah bit yang ditransfer pada koneksi jaringan. Hal ini paling mudah untuk memahami lalu lintas menggunakan contoh-contoh. Satu Gigabyte adalah 2 sampai 30 kekuasaan (1.073.741.824) byte. Satu gigabyte adalah sama dengan 1.024 megabyte. Untuk menempatkan ini dalam perspektif, diperlukan satu byte untuk menyimpan satu karakter. Bayangkan 100 file cabinet dalam sebuah gedung, masing-masing memegang 1000 lemari folder. Setiap folder memiliki 100 kertas. Setiap kertas berisi 100 karakter - Sebuah GB adalah semua karakter dalam gedung. MP3 lagu adalah sekitar 4MB, lagu yang sama dalam format wav sekitar 40Mb, sebuah film panjang penuh dapat 800MB untuk 1000MB (1000MB = 1GB).
Jika Anda mentransfer lagu MP3 ini dari situs web ke komputer Anda, Anda akan menciptakan 4MB lalu lintas antara situs web Anda men-download dari dan komputer anda. Tergantung pada koneksi jaringan antara web site dan internet, transfer dapat terjadi sangat cepat, atau dapat memakan waktu jika orang lain juga men-download file pada saat yang sama. Jika, misalnya, situs web Anda download dari memiliki koneksi 10MB ke internet, dan Anda adalah satu-satunya orang yang mengakses situs web untuk men-download MP3, file 4MB Anda akan menjadi satu-satunya lalu lintas di situs Web tersebut. Namun, jika tiga orang yang semua MP download yang sama pada waktu yang sama, 12MB (3 x 4MB) lalu lintas yang telah dibuat. Karena dalam contoh ini, host hanya memiliki bandwidth sebesar 10MB, seseorang akan harus menunggu. Peralatan jaringan di perusahaan hosting akan menggilir setiap orang men-download file dan mentransfer sebagian kecil pada suatu waktu sehingga setiap orang transfer file dapat dilakukan, tetapi transfer untuk semua orang men-download file tersebut akan lebih lambat. Jika 100 orang semuanya datang ke situs dan mendownload MP3 pada saat yang sama, transfer akan sangat lambat. Jika host ingin mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk men-download file secara simultan, itu dapat meningkatkan bandwidth koneksi internet mereka (dengan biaya upgrade karena peralatan).

Hosting Bandwidth
Dalam contoh di atas, kita bahas lalu lintas dalam hal men-download file MP3. Namun, setiap kali Anda mengunjungi situs web, Anda membuat lalu lintas, karena untuk melihat bahwa halaman web pada komputer Anda, halaman web pertama yang didownload ke komputer Anda (antara website dan anda) yang kemudian ditampilkan menggunakan perangkat lunak browser (Internet Explorer, Netscape, dll). Halaman itu sendiri adalah hanya sebuah file yang menciptakan lalu lintas yang sama seperti file MP3 dalam contoh di atas (namun, halaman web biasanya jauh lebih kecil daripada file musik).
Sebuah halaman web mungkin sangat kecil atau besar tergantung pada jumlah teks dan jumlah dan kualitas gambar yang terintegrasi di dalam halaman web. Misalnya, halaman rumah untuk CNN.com adalah sekitar 200KB (200 Kilobyte = 200.000 bytes = 1.600.000 bits). Ini biasanya besar untuk sebuah halaman web. Sebagai perbandingan, Yahoo's home page adalah sekitar 70KB.

Berapa Banyak Bandwidth Apakah Cukup?
Itu tergantung (jangan kau benci jawaban). Tapi sebenarnya, memang. Karena bandwidth adalah penentu signifikan harga hosting, Anda harus meluangkan waktu untuk menentukan seberapa banyak yang tepat untuk Anda. Hampir semua paket hosting memiliki persyaratan bandwidth diukur dalam bulan, jadi Anda perlu memperkirakan jumlah bandwidth yang akan dibutuhkan oleh situs Anda secara bulanan
Jika Anda tidak bermaksud untuk menyediakan kemampuan download file dari situs Anda, rumus untuk menghitung bandwidth cukup mudah:
Rata-rata harian Pengunjung x Rata-rata Page Views x Rata-rata Ukuran Halaman x 31 x Fudge Factor
Jika Anda berniat untuk memungkinkan orang untuk men-download file dari situs Anda, perhitungan bandwidth harus:
[(Rata-rata harian Pengunjung x Rata-rata Page Views x Rata-rata Ukuran Halaman) + (Rata-rata harian Download File x Rata-rata Ukuran File)] x 31 x Fudge Factor
Mari kita periksa setiap item dalam formula:
Rata-rata harian Pengunjung - Jumlah orang yang Anda harapkan untuk mengunjungi situs Anda, secara rata-rata, setiap hari. Tergantung pada bagaimana anda memasarkan situs Anda, jumlah ini dapat dari 1 sampai 1.000.000.
Tampilan Halaman Rata-Rata - Rata-rata, jumlah halaman web yang Anda mengharapkan orang untuk melihat. Jika Anda memiliki 50 halaman web dalam situs web Anda, rata-rata orang hanya dapat melihat 5 dari halaman tersebut setiap kali mereka kunjungi.
Rata Page Ukuran - ukuran rata-rata halaman web anda, dalam Kilobyte (KB). Jika Anda telah mendesain situs Anda, Anda dapat menghitung ini secara langsung.
Rata-rata harian Download File - Jumlah download yang Anda harapkan terjadi di situs Anda. Ini adalah fungsi dari jumlah pengunjung dan berapa kali seorang pengunjung mendownload sebuah file, rata-rata, setiap hari.
Rata-rata Ukuran File - Rata-rata ukuran file file yang di-download dari situs Anda. Mirip dengan halaman web Anda, jika Anda sudah tahu file mana yang bisa didownload, anda dapat menghitung ini secara langsung.
Fudge Factor - Sejumlah lebih besar dari 1. Menggunakan 1,5 akan aman, yang mengasumsikan bahwa perkiraan Anda dinonaktifkan oleh 50%. Namun, jika Anda sangat tidak yakin, Anda dapat menggunakan 2 atau 3 untuk memastikan bahwa kebutuhan bandwidth anda lebih dari terpenuhi.
Biasanya, paket hosting menawarkan bandwidth dalam istilah Gigabytes (GB) per bulan. Inilah mengapa rumus kita mengambil rata-rata harian dan mengalikan mereka dengan 31.

Ringkasan
Kebanyakan pribadi atau situs usaha kecil tidak akan membutuhkan lebih dari 1GB bandwidth per bulan. Jika Anda memiliki situs web yang terdiri dari halaman web statis dan Anda berharap banyak lalu lintas ke situs Anda setiap hari, pergi dengan rencana bandwidth rendah. Jika Anda pergi di atas jumlah bandwidth yang dialokasikan dalam rencana Anda, perusahaan hosting anda bisa tagihan atas biaya penggunaan, jadi jika Anda berpikir lalu lintas ke situs Anda akan signifikan, Anda mungkin ingin pergi melalui perhitungan di atas untuk memperkirakan jumlah bandwidth yang diperlukan dalam rencana hosting.


   

Diposting oleh surya nugraha Senin, 29 Maret 2010

Subscribe here