apakah anda seorang web designer? web developer? atau seorang hard core hobbyst? mungkin dari kita pernah mengalami saat kita di kejar deadline tapi terpaksa menggunakan komputer "asing" yang tak memiliki program yang kita butuhkan. nekat tetap bekerja hanya dengan menggunakan notepad / wordpad bukan solusi yang tepat. dan tutorial ini memberikan solusi bagi anda yang sering berurusan dengan website. kini cukup dengan sebuah flashdisk anda tetap bisa bekerja.

berikut ini contoh installasi Aptana Studio ke dalam flashdisk anda, sebelumnya persiapkan ruang kosong di flashdisk anda sebesar kurang lebih 250 Mb dengan rincian 150 Mb untuk aptana, dan 100 Mb untuk Java portable.

1. download aptana studio di alamat ini : http://www.aptana.org/studio/download, dengan ketentuan :

instalation type : Standalone
Operating system : Windows (saya asumsikan anda memaki Windows XP)
Download type   : ZIP file

2. download Java portable di alamat : http://portableapps.com/apps/utilities/java_portable, karena kedua file yang harus di download berukuran cukup besar, silahkan memakai download manager favorit anda.

3. sudah selesai downloadnya? sekarang ekstrak Aptana anda ke dalam flashdisk, anda bisa menggunakan winrar atau 7zip. contoh ekstraksi : "F:/portableapps/Aptana Studio 2.0",

4. lalu anda install java portable ke dalam direktori Aptana, caranya :

  1. klik dua kali java portable
  2. pilih bahasa anda
  3. klik next
  4. centang kotak "i accept blah! blah! blah!" dan klik next
  5. pada kolom destination folder, isikan dengan folder tempat anda menginstall aptana studio contoh : "F:/portableapps/Aptana Studio 2.0/" lalu klik install

5. setelah anda selesai menginstall java portable, ubah nama direktorinya dari "Java" menjadi "Jre", contoh : dari "F:/portableapps/Aptana Studio 2.0/Java" menjadi "F:/portableapps/Aptana Studio 2.0/Jre".

nah! kini aptana studio sudah siap digunakan

tambahan : untuk anda yang menginstall Aptana pada komputer lokal / laptop, lakukan langkah - langkah di atas, lalu buat shortcut aptana agar bisa dipanggil dari desktop. caranya :

1. klik kanan ikon aptanastudio.exe

2.klik menu "create shortcut"

3 klik kanan shortcut yang anda buat tadi dan pilih cut, lalu "paste"kan ke desktop anda

jangan lupa, bahwa Aptana hanya IDE saja, untuk membuat sebuah website yang lengkap, saya sarankan anda memiliki juga GIMP/Photoshop, Inkscape/Ilustrator sebagai editor grafis, dan Adobe Flash/Swiss Max untuk membuat animasinya


   

Diposting oleh surya nugraha Kamis, 25 Maret 2010

Subscribe here