seperti kebanyakan manusia di dunia, kitapun merasa bosan dengan tampilan blog yang begitu - begitu saja, atau ungkin anda dapat masukan dari pengunjung yan kurang terkesan dengan tampilan blog anda. well! tergantung dengan platform apa yang anda gunakan, seharusnya caranya tidak banyak berbeda. saya asumsikan anda mengerti tentang HTML, CSS, dan XML walaupun sedikit - sedikit (seperti saya). disini saya menggunakan platform blogspot dengan modified themes dari cahaya biru. pada awalnya memang cukup rumit. tapi hasinya cukup memuaskan. berikut langkah - langkahnya

1. pada blog anda klik tab layout, lalu pilih edit html, saya sarankan anda membuat backup template anda terlebih dahulu

2. lalu cari baris yang bertulisan #wrapper, nah! seharusnya anda bisa menemukan "background:#CEDBEB" atau url (http:*******) note : ***** adalah alamat URL dari gambar background anda

3. ganti nilai background anda dengan warna yang anda inginkan. contoh : di blog saya nilai default adalah "#CEDBEB", bila saya ingin menggantinya dengan warna hijau terang cukup saya ganti nilainya menjadi "#00ff00"

4. bila anda ingin mengganti gambar background anda, upload terlebih dahulu gambar anda ke situs media sharing (contoh : tinypic.com), lalu ganti nilai url (http:****) di blog anda dengan url gambar yang anda daptkan dari tinypic contoh : "http://i43.tinypic.com/9jk9dw.jpg"

5. yang terakhir, klik "save template"

nah... kini seharusnya, tampilan dari blog anda sudah berubah

   

Diposting oleh Unknown Sabtu, 27 Maret 2010

Subscribe here