Spyware adalah istilah umum untuk jenis software tertentu yang dapat menampilkan iklan yang tidak diinginkan atau melacak informasi pribadi Anda, semua tanpa persetujuan Anda. Salah satu bahaya yang lebih serius dari spyware adalah bahwa hal itu dapat mengumpulkan informasi tentang Anda, termasuk kebiasaan surfing web Anda dan bahkan lebih buruk lagi, nama pengguna dan password Anda. Yang jelas, spyware tidak baik untuk PC Anda atau diri Anda sendiri, tetapi ada cara-cara yang Anda dapat melindungi diri dari itu.



Beberapa gejala umum dari infeksi Spyware, Jika anda melihat PC Anda berjalan lebih lambat dari biasanya atau menunjukkan perilaku tidak biasa lainnya, ini mungkin merupakan tanda spyware. Spyware telah dikenal untuk mem"bounce" kembali e-mail atau mengirim email tanpa sepengetahuan Anda. Dapat juga muncul untuk "menghantui" PC Anda, membuka CD drive atau dikenal menempatkan ikon di desktop Anda.



1. Hindari Phishing. Penipuan "Phishing" adalah upaya untuk mengumpulkan data sensitif (username, password, aman informasi keuangan), sementara muncul untuk menjadi entitas yang handal dan sah. Phising sering menemukan cara mereka ke Kotak Masuk Anda dalam bentuk e-mail (atau sebagai pesan instan) dari situs lelang atau situs jaringan sosial, dan lain-lain e-mail link ke situs-situs yang terlihat hampir sama dengan situs yang sah.



* Jangan gunakan link dalam e-mail dan pesan instan untuk sampai ke situs web

* Jangan masukkan informasi keuangan anda atau mengisi formulir melalui e-mail

* Pastikan bahwa browser Anda dan program keamanan yang up to date



Untuk informasi lebih lanjut tentang melindungi diri dari penipuan phishing, kunjungi situs perlindungan Konsumen APWG. Di sana Anda dapat menemukan lebih banyak tips serta panduan tentang cara untuk melaporkan skema phishing.



2. Jangan Download Email attachment dari Sumber yang tidak anda kenal, Lampiran email adalah senjata pamungkas para hacker. nasehat yang baik adalah untuk tidak pernah men-download lampiran e-mail tanpa mengetahui dari siapa e-mail tersebut. Bahkan, saya juga menyarankan untuk tidak membuka setiap lampiran email walaupun dari sumber yang terpercaya. teman anda mungkin hanya ingin menunjukkan kepada semua orang foto dari perjalanannya ke Las Vegas, tapi lampiran e-mail adalah salah satu cara termudah untuk kontak PC dengan virus dan, sayangnya, banyak kampanye malware rumit telah menemukan cara untuk menduplikasi email dalam daftar kontak Anda. Itu benar. teman anda bisa dari seluruh dunia mencoba untuk menginstal sebuah worm pada komputer Anda.



Jadi apa yang Anda lakukan? Anda tidak dapat memperlakukan setiap email sebagai tersangka, tapi, haruskah kita mencurigai setiap email yang masuk? Tentu saja harus, tetapi Anda tidak perlu paranoid. Yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan hanya membaca surat. Kemungkinan, Anda tahu kontak Anda di beberapa tempat dan anda dapat mengetahui sesuatu yang janggal dari email tersebut. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat selalu menghubungi teman anda dan meminta penjelasan darinya!



Email masa kini terus ditingkatkan keamanannya. Baik oleh provider email ataupun produsen antivirus. Kebanyakan penyedia jasa layanan email menerapkan filter yang kompleks dalam melakukan yang terbaik untuk memastikan transmisi yang dapat diandalkan. Tapi scammers yang selalu mencari cara untuk mengelabui Anda. entah mereka berhasil atau tidak, tujuan sebenarnya dari scammers adalah Hanya meluangkan waktu untuk mengetahui kontak Anda. karena itu anda harus selalu mengidentifikasi konten yang meragukan, dan mengingat situs dan bisnis di mana Anda telah diminta untuk melakukan transaksi atau registrasi



3. Hapus Riwayat Browsing Anda. riwayat browsing Anda akan menyimpan berbagai informasi pada PC Anda, termasuk sejarah situs web yang dikunjungi, cookies, cache gambar-gambar dari situs web dikunjungi sebelumnya, dan data formulir. Dengan secara teratur membersihkan riwayat browsing, Anda dapat melindungi kebiasaan browsing Anda dan aman informasi dari yang dibajak oleh spyware.



* Untuk menghapus riwayat browsing, pergi ke "Tools" dan kemudian "Opsi" atau "Delete Browsing History" (dan kemudian mungkin "Privacy", tergantung pada browser Anda).

* Pastikan untuk menghapus "Cookie," menghapus "History," juga bersihkan "Cache," dan "Forms."



4. Ketahui apa yang anda install. Jika Anda men-download aplikasi dari Internet, maka ada cara mudah untuk memastikan file.exe (executable) dan file .msi (microsoft installer) anda adalah asli . ada cara yang lebih murah daripada membeli 40 anti-virus scanner di tangan, cukup dengan mengunjungi http://www.VirusTotal.com. Mereka tidak akan memindai komputer Anda (yang akan melanggar perjanjian pengguna dan harfiah ), mereka akan memindai file tunggal untuk Anda. Jadi jika Anda baru saja download .exe dan Anda tidak yakin akan keamanan file tersebut, cukup upload file tersebut ke VirusTotal dan melihat apa yang para ahli telah mengatakan tentang hal itu.



Kesalahan dalam Instalasi dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal pada komputer anda, selalu perhatikan peringatan - peringatan yang kadang munsul saat proses instalasi, membacanya secara teliti terlebih dahulu sebelum Anda mengklik OK! peringatan ini dapat menjadi gerbang untuk spyware yang secara tak sengaja terinstal pada PC Anda. Dengan mengklik OK untuk membuat kotak peringatan pergi, Anda telah memberikan izin untuk menjalankan spyware merajalela. Membaca pesan pertama, dan jika mencurigakan, tutup peringantan dengan X, jangan klik OK atau Ya atau bahkan NO.



peringatan yang ditempatkan secara strategis ini disebut Drive-by Downloads. Mereka memanfaatkan naluri seseorang untuk klik "ok" pada peringatan atau untuk klik "tidak" untuk menutup kotak. Orang-orang yang membuat popup download ini akan sering mendesain peringatan mereka sehingga aktif ketika anda mengklik tombol apapun. Jika mengklik X tidak bekerja maka Anda perlu untuk menutup seluruh browser. Jika Anda menggunakan Chrome atau Internet Explorer, Anda dapat sering hanya menutup TAB, jika Anda menggunakan Firefox, Anda mungkin harus menutup seluruh browser. Melakukan hal ini bisa membuat frustasi, tapi lebih baik kehilangan halaman web Anda, daripada kontak dengan sepotong adware agresif atau program jahat.



Kadang-kadang, drive-by download menyebabkan kemacetan seluruh PC dan Anda bahkan tidak bisa menutup browser. Dalam kasus ini, buka Windows Task Manager dan akhiri Aplikasi dari sana.



* Klik CTRL + SHIFT + ESC

* Klik pada Tab mengarahkan kepada APLIKASI

* Temukan browser Anda. Ada yang berkata "Running" jika browser yang terbuka

* Pilih itu dan klik END TASK.



Mengakhiri sebuah Proses yang berjalan mungkin memakan waktu beberapa detik karena kau pada dasarnya masih menjalankan prosedur normal di komputer Anda. Jangan khawatir. Melakukan hal ini tidak akan membahayakan PC Anda. Anda akan dapat membuka kembali browser Anda setelah menutup dan kemudian menavigasi kembali ke halaman yang terpaksa menutup.



HARAP SELALU DI INGAT - beberapa browser menanyakan apakah anda ingin mengembalikan tab saat Anda mengakhiri proses. Ini mungkin menggoda, namun hal ini akan membawa kembali jendela download yang tidak diinginkan, membuat masalah segera kembali. Terbaik untuk dilakukan adalah mengurangi kerugian anda dan ingat untuk tidak kembali ke situs tersebut.



5. Selalu perbarui anti virus, anti spyware, dan firewall anda. ini adalah cara termudah untuk dilakukan dan dapat dikatakan sebagai yang paling penting: Windows merekomendasikan bahwa PC menggunakan dua macam atau lebih program anti virus dan program keamanan. Dengan secara rutin memeriksa pembaruan pada keduanya, Anda akan tetap berada di depan dan virus spyware permainan dan menjaga PC Anda aman. Ketika Anda memeriksa pembaruan, kami sarankan Anda langsung ke situs web tertentu Anda perlindungan atau keamanan virus scanner.



walaupun anda sudah melakukan ke 5 cara di atas, sepertinya masih belum cukup untuk mellindungi anda dari spyware, saran saya yang lain adalah selalu update dengan berita - berita terbaru. anda bisa mengikuti forum - forum keamanan yang terpercaya.



  

Diposting oleh surya nugraha Senin, 22 Maret 2010

Subscribe here