sewaktu saya browsing di wikiversity.com (tempat kuliah online gratis, maklum! saya orang melarat) di fakultas ilmu komputer jurusan pemrograman (maafkan kalau saya salah menyebut nama fakultas dan jurusan) di pelajaran bab I. yang berjudul "tujuan membuat program komputer" ada peraturan menarik di dunia komputer. yaitu peraturan 80/20


apa itu peraturan 80/20? peraturan 80/20 adalah keadaan umum dimana kebanyakan orang hanya menggunakan 80% waktu mereka untuk menggunakan dari 20% seluruh fitur suatu program. jadi bila dijabarkan, kebanyakan orang menghabiskan sekitar 80% waktu mereka untuk menggunakan sekitar 20% fitur yang ditawarkan suatu program.


contohnya: yang paling mudah adalah Microsoft Word. tahukah anda bahwa Microsoft Word juga bisa digunakan untuk mengirim e mail? membuat website? menggambar? atau mengolah form? walaupun kita tahu, tapi kebanyakan dari kita tidak memanfaatkannya dan hanya menggunakan sekitar 20% dari seluruh fitur tersebut. dan dari 20% jumlah fitur tersebut, 80% waktu habiskan


ada satu contoh lagi. kali ini dari dunia otomotif, yaitu Honda Supra. supra selama ini (maaf) hanya dikenal sebagai motor Bapak - bapak tua, hanya dipakai untuk berangkat kerja, pergi ke pasar beli sayur, dll. padahal sebenarnya Supra juga bisa dibuat untuk berlari kencang (dengan beberapa modifikasi pada mesin). membawa keranjang besar atau gerobak (seperti yang dilakukan oleh produsen motor cina), atau dibuat seirit mungkin. tapi kebanyakan orang malas untuk memanfaatkan semua fitur Honda Supra dan hanya memanfaatkan sekitar 20% saja untuk 80% waktu yang mereka gunakan.


lalu untuk apa kegunaan peraturan 80/20? sebenarnya peraturan ini hanya semacam anekdot saja. tapi sebenarnya banyak manfaatnya bila kita gali lebih dalam. seperti kita tahu, saat kita membuat suatu program (saya asumsikan anda adalah programmer. dan bila anda bukan seorang programmer, anggap saja anda adalah seorang programmer) atau menulis source code. fokuskan kegunaan dan utilitas utama program pada yang 20% ini. karena kebanyakan pengguna program anda nantinya akan menghabiskan 80% waktu mereka di 20% dari seluruh fitur program anda. mengetahui dan memahami kebutuhan pengguna adalah suatu keharusan bila ingin membuat / menciptakan sebuah program.

Diposting oleh surya nugraha Senin, 08 Maret 2010

Subscribe here