disini saya akan mencoba membandingkan C, C++, dan python dalam operasi IF, yang saya ingin bandingkan disini adalah keringkasan kode dan juga kemudahan untuk dipahami.


proses logika IF yang dipakai untuk perbandingan disini akan mempunyai ketentuan sebagai berikut



  1. membuat 2 variabel, yaitu "a" dan "b"

  2. meminta input untuk nilai "a" dan "b"

  3. membandingkan nilai "a" dan "b", apakah lebih besar, lebih kecil, atau sama dengan

  4. memberikan output


pertama dari python










a=input("nilai a")
b=input("nilai b")

if a<b:
print a, "lebih kecil dari ", b
elif a==b:
print a, "sama dengan ", b
else:
print a, "lebih besar dari ", b

yang kedua, kode dari C










#include <stdio.h />

int main(){
int a, b;

printf("input a ");
scanf("%d", &a);
printf("input b ");
scanf("%d", &b);

if (a<b){
printf("%d %s %d", a, " lebih kecil dari ", b);
}
else if (a==b){
printf("%d %s %d", a, " sama dengan ", b);
}
else {
printf("%d %s %d", a, " lebih besar dari ", b);
}

getchar();
return 0;
}

dan yang terakhir dari C++










#include <iostream>

using namespace std;

int main(){

int a, b;

cout<<"input a ";
cin>>a;
cout<<"input b ";
cin>>b;
cin.ignore();

if (a<b){
cout<<a<<" lebih kecil dari "<< b;
}
else if (a==b){
cout<< a<<" sama dengan "<< b;
}
else{
cout<<a<<" lebih kecil dari "<< b;
}

cin.get();
return 1;
}

bisa dilihat dari ketiga kode di atas, python yang lebih ringkas. mungkin sebagian dari anda akan berkata ini tidak adil, karena python bukan compiled language. tapi ijinkan saya menjelaskan dari sudut pandang seorang amatiran (maklum saya barusan belajar), C dan C++ mengandung apa yang saya sebut kerumitan yang tidak perlu. contohnya : deklarasi variabel dan pengaturan parentheses (saya berkali - kali salah di dua hal ini). dan yang paling saya benci adalah C++. karena terlalu banyak memakai tanda "<" dan">", membuat saya repot dalam menulis artikel ini dimana saya harus mengganti tanda"<" dengan &lt;, dan tanda ">" dengan &gt; sesuai dengan aturan penulisan HTML


untuk sesama pemula saya lebih menyarankan python karena lebih simpel dan mudah dipahami. yang perlu diperhatikan adalah pengaturan baris dan identasi. dan untuk para master, kalau ada yang salah dengan kode saya, atau anda mempunyai solusi yang lebih ringkas untuk C dan C++ bisa memberitahukannya pada saya (khan saya mau belajar juga)


walaupun python lebih ringkas dan mudah dipahami, saya tetap akan mempelajari C dan C++ juga. karena mayoritas program dan aplikasi dibuat dengan bahasa ini. untuk ke depannya saya juga ingin belajar java dan javascript (banyak sekali bukan?)

Diposting oleh Unknown Senin, 08 Maret 2010

Subscribe here