apakah anda pecinta web browser Opera? kalau begitu pertama maafkan saya kalau artikel saya ini menyinggung anda. pengalaman ini saya alami ketika saya "terpaksa" menggunakan Opera untuk mendownload torrent.


waktu itu saya ingin mendownload counter strike yang versi non steam. masalahnya atasan (alias bos) saya melarang saya untuk menginstall program download manager dan bittorreent client. tapi saya tak habis akal, saya cari bittorrent add ons untuk firefox saya. setelah browsing beberapa menit di mozilla.com akhirnya saya menemukan add ons tersebut, yaitu bitfox dan foxtorrent. tapi sayangnya firefox yang saya gunakan (3.6) belum didukung oleh kedua add ons tersebut (mereka hanya mendukung versi 3.0 - 3.5). semoga sewaktu anda membaca artikel ini kedua add ons sudah mendukung firefox yang kita gunakan.


dengan penuh rasa kecewa saya teruskan Googling mencari add ons untuk firefox saya atau sesuatu yang bisa mengakalli hal itu. pada waktu itulah saya membaca artikel dari sebuah blog (yang saya lupa alamatnya) bahwa Opera versi 10 secara default sudah mendukung untuk download file - file torrent, kebetulan di komputer yang saya gunakan juga terdapat Opera versi 10.10 beta. saya tes di Pirate bay dengan 1 file percobaan yang ber"seed" banyak. saya cukup kagum dengan Opera kecepatan maksimum download yang tercatat adalah 150 Kbps dengan catatan saya memakai speedy dengan paket kecepatan 2 Mbps. keanehan mulai muncul saat download memasuki proses akhir. di download progress Opera menunjukkan angka 99.9% dan estimated time remaining 1:04 (saya asumsikan itu 1 menit 4 detik) setelah saya tunggu selama 15 menit download tersebut tak kunjung usai, lalu saya cek di downloaded folder ternyata file tersebut sudah komplit. saya putuskan untuk menghentikan proses download tersebut karna saya pikir file sudah terdownload seluruhnya. setelah proses tersebut saya hentikan dan kembali ke downloaded folder saya terkejut, file yang sudah terdownload hilang!!!


untunglah file tersebut hanyalah percobaan, walaupun masih bingung dengan keanehan tadi saya putuskan untuk tetap mendownload counter strike tercinta, sambil mencari cari akal bagaimana file yang terdownload tadi tidak hilang sambil menganalisa kejadian sebelumnya, kalau dijabarkan dalam poin - poin jadinya seperti ini



  • file yang terdownload (terletak di downloaded folder) sebenarnya sudah komplit pada saat presentase download baru mencapai 95% (berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri)

  • ternyata opera tidak memisahkan tampilan download dan upload progress, inilah yang membuat saya bingung di awal - awal, dan juga menjelaskan poin di atas

  • file yang terdownload tidak bisa di delete, cut, dan rename dengan pesan "file is used by another application", ini berarti Opera sedang mengupload file tersebut (hal yang biasa dalam dunia torrent)


dari 3 poin di atas akhirnya saya punya penyelesaian agar file yang terdownload tidak hilang waktu proses download kita hentikan, dengan cara di copy (simpel bukan :p ) ternyata berhasil. file RAR hasil download, proses ekstraksi berjalan dengan lancar dan tak ada file yang corrupt (lega.....)


sampai saat ini saya masih menggunakan Opera untuk mendownload via torrent sambil menunggu siapnya torrent add ons untuk firefoxku, berikut ini saran saya bila anda mendownload file torrent dengan menggunakan Opera:



  • cari file dengan jumlah seed yang terbanyak (ini sudah umum, seharusnya anda sudah tahu)

  • setelah download progress mencapai 95% atau lebih, coba copy file tersebut ke folder lain dan coba jalankan. siapa tahu kalau ternyata hasil download anda sudah komplit sambil mengecek apakah ada yang error


sekian tipsnya, mau main counter strike dulu

Diposting oleh Unknown Selasa, 02 Maret 2010

Subscribe here