masih ingatkah anda dengan DOS atau disk operating system, saya tak yakin anda semua tahu atau mengingat DOS. DOS adalah sistem operasi yang berbasis teks, sungguh lain dengan sistem operasi saat ini yang penuh dengan interface grafis dan berkesan "Wah!". tapi anda masih bisa merasakan DOS dari CMD (windows) dan X-term (linux - unix)


lalu apa hubungannya Goosh? tentu ada. Goosh mengemulasikan Google dalam format CLI (command line interface) yang tentu saja mengingatkan saya pada DOS. cuma kemiripan itu hanya ada di bentuknya saja, setelah saya coba ternya ta Goosh tidak memiliki fitur - fitur dasar dari DOS / Shell seperti copy, delete, move, dan lain - lain (yang merupakan perintah - perintah dasar DOS), hanya perintah help, ls, dan login yang masih ada, tapi ls di Goosh kegunaannya sudah sangat berbeda. bukan untuk menampilkan daftar direktori dan files. tapi untuk menampilkan daftar perintah. seperti gambar di bawah


goosh1.PNG


login adalah perintah yang paling aneh menurut saya, karena sewaktu perintah login kita jalankan yang muncul adalah menu login dalam bentuk GUI (graphic user interface) buka dalam format CLI lagi (yang menurut saya agak hipokrit), setelah login kita tetap mendapatkan prompt guest@goosh.org:web> bukannya prompt user ID kita (misal: surya@goosh.org:web>)


gooshlogin.PNG


perintah video akan membuka tab baru di youtube (sudah bisa ditebak), sama seperti perintah - perintah yang lainnya, mengandalkan layanan - layanan Google


saya punya ide iseng untuk mengakses Goosh lewat telnet dan SSH tapi gagal. masalahnya mungkin ada pada windows XP yang saya gunakan (telnetnya payah sekali) ke depannya akan saya coba memakai Putty. selain itu Goosh juga belum mempunyai wiki, ini membuat saya tertarik untuk membuatnya


bagi yang penasaran dan ingin mencobanya silahkan klik http://www.goosh.org

Diposting oleh Unknown Senin, 01 Maret 2010

Subscribe here