ada sebuah grup di Facebook yang berjudul "Life was much better when Apple, Orange & Blackberry were just fruits". tak jelas apa mksud sebenarnya dari grup ini. pesan yang saya tangkap dari judul grup mereka, sepertinya mereka tidak menyukai 3 brand tersebut. dan tidak jelas juga alasan mengapa mereka tidak menyukai 3 brand tersebut.


ketiga - tiganya adalah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Apple adalah produsen dari komputer dan OS desktop iMac, pemutar musik digital ipod, ponsel digital iPhone, serta toko musik digital iStore yang terkenal dan berpusat di Amerika. Blackerry adalah ponsel digital keluaran dari RIM dari kanada. sementara Orange adalah penyedia jasa telekomunikasi yang berpusat di prancis. hubungan dari ketiga perusahaan tersebut adalah mereka semua memakai nama buah - buahan sebagai brand dan trade mark mereka. entah atas dasar apa mereka memakai nama buah - buahan sebagai ikon, tapi yang jelas dan seperti yang bisa kita lihat mereka sangat sukses di IT


Blackberry dan Apple kini telah menggerus pasar para pemain pemain mapan di bidang ponsel, seperti Nokia, Sony Ericsson, Samsung, dll. sementara Orange berjaya di eropa. mungkin saja dengan memakai nama buah - buahan, mereka berhasil menciptakan sugesti yang menancap di setiap benak penggunanya. siapa yang tidak suka dengan apel, jeruk, dan beri hitam? ketiga buah tersebut banyak menjadi favorit setiap orang. selain itu nama tersebut juga terdengar simpel namun mempunyai makna yang dalam. sekarang bukan jamannya lagi membuat brand dengan nama penemu (seperti honda, ericsson), nama simbol (seperti sony, motorola), ataupun singkatan (KIA, HP).


dari tiga nama tersebut saya mendapat inspirasi bila nanti mendirikan perusahaan atau usaha saya sendiri. bagaimana bila diberi nama DURIAN, MANGGA, atau SALAK ? saya sendiri belum melakukan survey. lalu bagaimana dengan anda? nama apa yang akan anda jadikan sebagai brand anda nanti ?

France Telecom Orange Looks to PC-phobes for Growth with Pack Internet Facile (Competitive Intelligence Report)

Diposting oleh surya nugraha Jumat, 19 Maret 2010

Subscribe here